Pages

Monday, April 5, 2010

Syeikh Az-Zandani Salahkan Iran Dalam Konflik Syiah di Yaman



Seorang ulama terkemuka asal Yaman telah mengganggap Iran ikut campur tangan dalam kekerasan yang terjadi di daerah Yaman Utara, dimana kelompok mayoritas Syiah disana melancarkan serangan terhadap pemerintah Yaman.
Syeikh Abdul Majid al Zandani, pimpinan Universitas Imam Yaman mengatakan pada pendukungnya bahwa pihak Teheran ingin mempropagandakan ideologi syiah di Yaman dengan mendukung kelompok pejuang Houthi.
"Bagaimana peristiwa itu terjadi di negeri ini mengindikasikan pada kita bahwa Iran ingin mengekspor ideologi syiah dengan kekuatan dimana telah kita tolak," ujar Syeikh Al Zandani.
Konflik yang dipimpin oleh kelompok Houthi ini telah muncul sejak tahun 2004 di provinsi Saada.
Konflik ini telah memecah belah rakyat Yaman yang mayoritasnya adalah Umat Islam (sunni).
Lebih lanjut menurut Syeikh Zandani sebaiknya diadakan antara Islam dan Syiah untuk mengurangi konflik yang ada. Terutama dari kalangan ulamanya agar bisa meredam konflik.
"Biarkan mereka bekerja menurut apa yang telah mereka setujui dan menyusun kebijakan terhadap apapun yang mereka tidak setujui. Namun untuk meragukan agama kita, meragukan keyakinan kita, mendorong murid-murid, anak-anak dan masyarakat kita kepada ajakan mereka dan melawan balik kita, mendorong mereka untuk mengangkat senjata untuk membunuh kita! Ini tertolak," tegas sang Syeikh. [mdaily].

No comments: