Pages

Monday, April 5, 2010

Benarkah Iran Membantu Taliban?




Kedatangan presiden Iran, Ahmadinejad beberapa waktu yang lalu memunculkan wacana dan berita bahwa Iran selama ini membantu para Mujahidin Taliban. Disebutkan bahwa Iran memperlengkapi Taliban dengan persenjataan untuk melawan tentara asing Amerika Serikat dan NATO. Benarkah demikian?
Kaum Pashtun menyebut berita ini sebagai berita burung. Darimana gerangan berita ini muncul? Pertanyaannya, mengapa Iran harus mempersenjatai Taliban ketika Iran sangat tahu bahwa Taliban sangat membenci kaum Syiah di Iran? Belum lagi masalah di Baluchistan atau Zahedan, kejahatan di Irak, dan sebagainya.
Adapun kaum Mujahidin Taliban malah mempunyai kesimpulan tersendiri tentang Iran.
* AS dan Iran memiliki tujuan yang sama mengenai pantai Gawadar di Pakistan.
* AS dan Iran memiliki tujuan yang sama tentang Baluchistan.
* AS dan Iran memiliki tujuan yang sama tentang Timur Tengah.
* AS dan Iran memiliki tujuan yang sama tentang Afghanistan (dan juga tentu saja Taliban).
* AS dan Iran saat menyadari bahwa ancaman itu tidak lebih dari negara-negara Timur Tengah yang tidak lagi menjadi pengikut mereka.
* AS dan Iran bahkan mungkin menyulap serangan bodoh pada beberapa fasilitas yang Iran 'akan tetap tidak menghilangkan ancaman Iran'
* AS dan Iran adalah saudara dalam pelukan ketika NATO memastikan persediaan selama Perang Afganistan sekarang.
Mungkin besok Winnie the Pooh akan menyatakan bahwa Iran membantu Taliban dan banyak orang akan percaya, dan itu hanya sebagai hidangan pembuka. Bahkan tabloid gosip lebih dapat diandalkan daripada berita itu. [sa/ia/erm].

No comments: