Pages

Monday, April 5, 2010

Ribuan Warga Iran Melawat Pemimpin Syiah Iraq



TEHERAN-MI:
 Ribuan warga Iran berkumpul di depan Kedutaan Irak di Teheran, Kamis (27/8), untuk berkabung atas meninggalnya pemimpin Syi’ah Irak Abdel Aziz Al-Hakim.
Hakim meninggal Rabu di sebuah rumah sakit di Teheran setelah berjuang melawan kanker paru selama 28 bulan. Jenazahnya direncanakan akan dibawa dari Kedutaan Irak ke Kota Qom, pusat para ulama Syi’ah di Iran, sebelum diterbangkan ke Irak Kamis malam untuk dimakamkan di kota suci Syiah Najaf.
Masyarakat berkumpul di luar kedutaan Irak dan suatu prosesi pemakaman singkat akan segera dilakukan.
Hakim 60 th, yang juga ketua Majlis Tertinggi Islam Irak (SIIC), partai politik terbesar di Irak, dihormati oleh para pemimpin politik baik di Irak maupun di Iran. SIIC yang dibentuknya memangi pemilihan umum pertama pasca-Saddam. SIIC juga sebagai partai terbesar dalam koalisi nasional yang kini berkuasa.
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebut meninggalnya Hakim sebagai kehilangan besar bagi rakyat Irak. Ahmadinejad juga melakukan penghormatan khusus kepada keluarga, yang disebutnya sebagai revolusioner.
Pada tahun 1982, Hakim turut mendirikan gerakan oposisi di tempat pengasingannya di Iran, untuk melawan rezim Saddam yang didominasi Sunni. Dia kembali ke Iraq setelah invasi yang dipimpin Amerika Serikat pada tahun 2003, yang menggulingkan Saddam.
Hakim dibawa ke sebuah rumah sakit Teheran Sabtu setelah menderita  komplikasi. "Kanker stadium lanjut telah merusak hatinya, otak serta tulang, yang menjadi penyebab kematiannya," kata seorang dokter pada rumah sakit Masih Daneshvari.
Hakim mendapat perawatan di Teheran lebih dari empat bulan, dan juga berkunjung ke AS di waktu lalu untuk berkonsultasi dengan para spesialis kanker paru. (AFP/Ant/OL-7/mi)

No comments: