Pages

Tuesday, January 26, 2010

Monyet Pun Pandai Matematik

BERLIN – Hasil ujian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Jerman menyebutkan, monyet memiliki kemampuan dasar matematik.

Monyet terbukti memiliki kemampuan mengira. Kesimpulan ini didapati setelah peneliti menguji monyet menentukan jumlah titik yang muncul pada sebuah layar. Mereka dapat menilai jumlah titik tersebut bertambah atau berkurang.

Hasil percubaan menunjukkan mereka dapat membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka temukan. Professor Andreas Nieder dari University of Tubingen, Jerman, yang memimpin kajian ini yakin apa yang ditemu ini menandakan bahwa kemampuan dasar matematik “hard-wired into evolution”.

“Ini adalah kemampuan matematik versi primitif yang memiliki manfaat dalam proses bertahan hidup,” kata Andreas seperti dikutip dari Telegraph, Jumaat (22/1/2010).

“Contohnya pada ketika mencari makan, kemampuan ini bermanfaat untuk memilih pohon yang memiliki lebih banyak buah,” tambahnya.

Andreas kemudian menjelaskan, kemampuan berhitung sama pentingnya bagi monyet untuk mengetahui jumlah individu dalam kelompok mereka dan membandingkannya dengan kelompok lain yang menjadi pesaing atau lawan mereka. Dengan demikian, monyet mengetahui apakah mereka terancam oleh kelompok lain atau tidak.

Dalam kajian ini monyet yang menjadi partisipan dilatih untuk mengenali jumlah titik yang ditampilkan pada sebuah layar. Mereka ditugaskan membandingkan jumlah titik yang ditampilkan layar berikutnya.

Jika jumlah titik bertambah dari yang ditampilkan pada layar sebelumnya, monyet itu diminta menarik semacam alat pengungkit. Sebaliknya jika jumlah titik lebih sedikit dari yang ditampilkan di layar sebelumnya, monyet tidak akan menarik pengungkit.

Monyet yang jawapannya betul diberikan apal dan air minum sebagai hadiah atas kepintaran mereka. Dari kajian ini juga diketahui bahawa rata-rata tingkat akurasi jawapan monyet yang di uji adalah sebesar 90 peratus.

No comments: