Pages

Monday, June 4, 2012

Kisah Ulama Alim Mati Dalam Kekafiran

 

Atik Atikah

Menurut riwayat, Barsisoh mempunyai 4000 santrinya sudah bisa dzikir diawang-awang. Jin adalah anak buah syetan, syetan anak buah iblis, iblis di usir dari surga didasar bumi ke tujuh bisa tembus kelangit ke tujuh. Pada waktu itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala merintahkan malaikat untuk menulis di Laihil mahfuth bahwa ki Barsisoh adalah ahli neraka, maka para malaikat menangis sedangkan jin, syetan dan iblis ketawa.

Malaikatpun bertanya : ya robbi, Barsisoh kan ahli ibadah, kenapa masuk neraka ?

Allah menjawab : itu urusanku, karena Barsisoh ibadahnya sombong.

Syetan turun dari langit kedunia, Barsisoh sedang dzikir maka syetan mengucap salam barsisoh tidak menjawab. Setelah 4x mengucapkan salam tetapi tidak dijawab juga sedangkan hukum menjawab ucapan salam adalah wajib, dzikir adalah sunah. Ketika kelima kalinya syetan mengucapkan salam, Barsisoh menjawab bukan dengan salam tapi memaki dengan kalimat “goblog kamu mengganggu orang yang sedang ibadah” itulah kesombongan Barsisoh dalam ibadahnya. 

Akhirnya syetan berubah wujud menyerupai ulama. Syetan yang menyerupai ulama duduk berendeng dengan Barsisoh sama-sama dzikir namun Barsisoh manusia biasa kena lapar dan ngantuk, Barsisoh makan dan tidur sedangkan syetan luar biasa tidak kena lapar tidak kena ngantuk, maka Barsisoh bertanya? bangsa apa kamu, ibadahnya melebihi aku? Syetan menjawab : kamu tidak bisa ibadah seperti aku kalau belum banyak dosa atau ahli maksiat sedangkan Barsisoh belum pernah maksiat. 

Akhirnya Barsisoh bertanya maksiat mana yang bisa menguatkan ibadah? Syetan menjawab : minum arak, berzina dan membunuh. Lalu Barsisoh berkata dimana? Syetan menjawab : istilah jaman sekarang diwarjok atau warung remang-remang, Kemudian Barsisoh berangkat minum sampai mabuk setelah Barsisoh mabuk lalu menjima’ pelayan warung minuman, sedang melalukan jima’ tiba-tiba datang laki-laki yang mau minum. Barsisoh menyangka itu adalah suaminya akhirnya laki-laki tersebut dibunuh oleh Barsisoh, maka cukup tiga dosa besar dilalui oleh Barsisoh.

Hukum Islam menjawab harus diranjam, itulah kejadian Barsisoh. Setelah Barsisoh lelah datang syetan yang berbentuk ulama tadi, Barsisoh bertanya wahai ulama aku begini karena engkau, lalu bagaimana? Syetan menjawab: dimana aku ngedip engkau manggut begitu terjadi Barsisoh meninggal itulah mati
su’ul khatimah.
______________________________________________
Na'udzubillahi mindzalik ...

No comments: