Pages

Monday, November 29, 2010

Wikileaks: AS Gunakan Kedutaannya untuk Kegiatan Spionase



Situs WikiLeaks telah merilis lebih dari 250.000 dokumen-dokumen rahasia AS, beberapa di antaranya mengungkapkan bahwa kedutaan Amerika di seluruh dunia merupakan bagian dari jaringan spionase.
Dokumen terbaru pada isu-isu terkait mulai dari keterlibatan AS dalam mata-mata terhadap PBB yang mengkritik keras perang di Afghanistan
.
Menurut beberapa kutipan dari dokumen yang diperoleh dari jaringan kedutaan AS dan dipublikasikan pada Minggu malam di The New York TimesThe Guardian, dan majalah Jerman Der Speigel, Amerika Serikat telah menggunakan kedutaan mereka di seluruh dunia sebagai bagian dari jaringan spionase global dengan merekrut beberapa diplomat untuk memata-matai para pemimpin politik tertentu dan individu yang berbeda dengan informasi yang sensitif mengenai isu-isu internasional utama.
File yang bocor menunjukkan bahwa sejak tahun lalu Amerika Serikat telah terlibat dalam kampanye mata-mata terhadap Sekretariat PBB di bawah perintah Sekretaris Negara AS.
File-file ini juga mengungkapkan bahwa Washington memaksakan sekutunya di seluruh dunia agar menjauhkan diri dari Iran sebagai bagian dari kebijakan AS untuk mengisolasi Teheran.
Surat kabar Guardian yang mendapat bocoran beberapa kutipan dari dokumen-dokumen rahasia termasuk adanya link yang diduga antara pemerintah Rusia dan kejahatan terorganisir, dan kritikan keras terhadap operasi militer di tahun kesembilan perang di Afghanistan serta klaim perilaku yang tidak pantas oleh anggota kerajaan keluarga Inggris.
Pelepasan lebih dari 250.000 dokumen-dokumen rahasia telah membuat marah Amerika Serikat, di mana juru bicara Departemen Luar Negeri PJ Crowley mengecam keras hal itu dengan menyatakan WikiLeaks sebagai tidak bertanggung jawab.
"Kita semua mengutuk WikiLeaks untuk perilisian bahan yang diklasifikasikan," kata Crowley, menambahkan bahwa "tindakan itu akan menempatkan kehidupan dan kepentingan AS menjadi berisiko dan ini tindakan yang tidak bertanggung jawab.."
Departemen luar negeri telah memperingatkan pendiri WikiLeaks Julian Assange tentang mendapatkan informasi sensitif melalui cara ilegal, menambahkan bahwa kebocoran akan membahayakan "kehidupan individu yang tidak bersalah yang tak terhitung jumlahnya ... termasuk operasi militer yang sedang berlangsung ... dan kerjasama antar negara."
Dokumen juga menjelaskan penilaian 'memalukan' pemerintah AS terhadap perdana menteri Inggris saat ini.
Menurut The Guardian, jaringan juga mengungkapkan bahwa Menlu AS Hillary Clinton melakukan kegiatan Negara di bawah administrasi Presiden AS Barack Obama , serta adanya ribuan file dari presiden George Bush, mengacu kepada beberapa "rahasia kecerdasan manusia" arahan yang dikeluarkan atas nama Clinton atau pendahulunya, Condoleezza Rice, yang menginstruksikan beberapa pejabat untuk mengumpulkan informasi tentang instalasi militer, tanda-tanda senjata, rincian kendaraan para pemimpin politik serta scan sidik jari dan DNA.
Sementara itu, WikiLeaks mengumumkan pada hari Minggu kemarin (28/11) bahwa situs mereka telah datang di bawah serangan cyber menjelang rilis dokumen rahasia terbaru, RIA Novosti melaporkan.(fq/prtv)

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/wikileaks-as-gunakan-kedutaannya-untuk-kegiatan-spionase.htm
sumber asal http://tenteradajjal.blogspot.com

No comments: