Pages

Wednesday, July 25, 2012

KHASIAT KURMA ATASI BERBAGAI PENYAKIT



Menurut Prof. Madya Asiah Zain dari Fakultas Sains Makanan dan Bioteknologi. Memakan kurma setiap hari dapat mengurangi risiko seseorang terserang penyakit kronis seperti jantung dan kencing manis karena mengandung zat besi yang membuat sel darah merah menjadi sehat. Batasi minuman manis untuk mencegah hipertensi. Perbanyak asupan buah-buahan dan sayur-sayuran yang lebih bergizi.

Gula si biang kegemukan

Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin banyak pula insulin yang diproduksi dan konsekuensinya akan lebih mudah Anda jadi gemuk. Rasa gula memang manis, tapi dampaknya bagi kesehatan tak semanis rasanya. Disadari atau tidak, sejak mengenal rasa manusia sudah pasti berkenalan dengan rasa manis tersebut. Celakanya hampir semua lidah orang menyukai rasa tersebut. Akibat pola hidup yang selalu manis, hipertensi tidak lagi hanya menyerang langsia tapi juga kini sudah menjadi ancaman serius orang muda. Selain berakibat obesitas dan kerusakan gigi, gula juga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk mood yang tak seimbang, tekanan pada sistem kekebalan serta diabetes.

Pilih gula yang lebih sehat

Pilih kandungan gulanya lebih sehat bagi tubuh misalnya gula buah. Salah satu buah yang kandungan gula tinggi adalah kurma. Kandungan gula kurma sebagian besar merupakan gula monosakarida, sehingga mudah dicerna tubuh antara lain glukosa dan fruktosa. Kandungan gula pada kurma sangat tinggi sekitar 70% yaitu 70-73 gram per 100 gram. Penyerapan gula kurma di dalam tubuh cukup cepat sekitar 45-60 menit, dibandingkan dengan pati pada nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. Itu sebabnya kurma sangat baik untuk berbuka puasa Karena dapat menyulai asupan energi secara cepat.

Kurma ada banyak jenisnya

Kurma (Phonix dactilifera) ada yang berbentuk kecil lonjong, kecil agak bulat dengan berat sekitar 5 gram perbuah, yang berbentuk agak besar dengan berat 12 gram perbuah. Warnanya pun beragam mulai dari yang berwarna kuning keputihan, kuning emas, coklat muda, sampai coklat kehitaman. Salah satu kurma yang popular adalah kurma emas atau golden date. Sebab bentuk warna dan rasanya yang lezat dan khas. Ada juga kurma ajwah yang dipercaya kaya akan manfaat kesehatan bila dimakan 7 butir setiap hari. Terbukti bisa menambah energi dan membantu mencegah aneka penyakit seperti osteoporosis, kanker, kurang darah, wasir, rabun senja, alergi kulit, depresi dan sebagainya. Kurma kirni diyakini berkhasiat untuk kesehatan. kirni dapat berfungsi sebagai pereda darah tinggi sampai asam urat. Kayu pohon kurma bisa dijadikan pondok/gubuk, kerajinan, jembatan, saluran air, keranjang, perahu ikan atau dijadikan kayu bakar.

Serba-serbi tanaman kurma yang unik

Tanaman kurma ( phoenix dactylifera ) umumnya hidup di daerah gurun pasir. Tanaman kurma berumah dua setiap tanaman cuma punya satu “jenis kelamin”. Hanya tanaman betina yang bisa berbuah lebat, setelah dikawini tanaman jantan. 1 jantan cukup untuk menyerbuki 40-50 betina. Kurma berbuah umurnya 3-5 tahun, hasilnya Cuma 8-10 kg per tanaman. Setelah berusia 12 tahun barulah kurma berbuah sepenuhnya setiap tanaman menghasikan buah 60-80 kg.

Jenis-jenis kurma populer

Zahdi
Berasal dari Irak, Kurma zahdi paling banyak dikonsumsi sehari-hari di Timur Tengah. Bentuknya lonjong, berwarna coklat muda keemasan, agak kering, bergula, kualitasnya rendah dan harganya murah. Kurma jenis ini paling banyak digunakan dalam kuliner dan sebagai makanan pokok, biasanya dijual dalam bentuk kurma yang empuk, agak keras dan keras.

Sayer
Jenis kurma sayer memenuhi 23% pasar kurma dunia, harganya mahal dan berkualitas. Warnanya coklat jingga gelap, banyak diekspor ke Negara-negara Eropa dan Oriental. Daging buahnya lembut, sangat manis dan syrupy.

Halawy
Halawy (bahasa Arab yang berarti manis, rasa sangat manis, empuk, berukuran kecil sampai sedang).

Khadrawi
Khadrawi (bahasa Arab hijau, empuk dan berwarna sangat gelap digemari di Negara-negara Arab). Khadrawi mungkin sulit didapatkan karena pasokannya sangat terbatas, berkualitas dan harganya mahal. Serupa dengan “sayer”, yang ini pun daging buahnya bertekstur lembut dan sirupy. Lebih nikmat disantap ketika belum kelewat matang.

Kurma berukuran besar

Maktoom, manakbir, medjool, migraf. Ada pula kurma yang berbentuk silinder yaitu barhee’ (barhi), berdaging tebal, empuk, warna kuning sawo muda sampai coklat gelap bila sudah matang. Sedangkan kurma yang terkenal di Arab Saudi adalah khalasah rasanya manis pas dan sangat digemari. Kurma sekkeri juga berasal dari Arab Saudi dengan kulit coklat gelap, manis dan sangat empuk. Jenis kurma yang paling dicari di Arab Saudi, oleh pnduduk asli maupun pendatang (jemaah haji), ternyata berbeda dari yang diminati pasar kurma dunia. Anbanra adalah jenis kurma yang paling dicari karna kualitasnya. Ada juga kurma brem dan chipchap.

Kurma kandungannya lengkap sebagai sumber kalori, vitamin dan mineral untuk mengurangi berat badan

Selain karbohidrat dalam bentuk gula dan pati buah kurma juga mengandung beragam vitamin dan mineral penting yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam setiap 100 gr kurma terkandung vitamin A 50 IU, Tiamin 0,09 mg, Ribovlafin 0,10 mg, Niasin 2,20 mg dan kalsium 666 mg. Sedangkan mineral penting terkandung adalah magnesium, potassium dan kalsium.

Kelebihan kurma dari buah-buahan lain

Kalsium
Kalsium merupakan mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot dan menstabilkan tekanan darah.

Salisilat
Salisilat merupakan zat yang digunakan bahan baku aspirin (obat pengurang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, antiinflasi, dan penghilang rasa nyeri. Sanggup mencegah sakit kepala hingga serangan jantung dan stroke.

Karbohidrat atau zat gula
Kurma mengandung zat gula 70% dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh menjadi tenaga dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.

Vitamin dan zat gizi
Mengandung vitamin A, vitamin C, Tiamin, Riboflavin, Niasin, asam nikotinat dan zat besi. Zat gizi berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit tetap sehat, serta fungsi organ jantung.

Mineral penting (magnesium,potassium dan kalsium)
Kurma juga mengandung hormone potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim.

Lemak
Kandungan lemaknya sangat rendah yaitu 0,4 gram per 100 gram kurma. Dengan memakan 5 butir kurma sehari maka risiko fatal terserang stroke bisa diturunkan sampai 40%.

Hasil eksperimen menunjukkan makanan tinggi kalium dapat menurunkan tekanan darah

Menurut hasil survei kurma paling banyak dan paling sering dikonsumsi oleh suku Badwi di Arab Saudi. Yang mencengangkan prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung di antara suku Badwi ternyata paling rendah dibandingkan penduduk Arab lainnya. Selain mengatur tekanan darah, kalium dalam kurma dapat memicu kerja otot dan saraf dan memperbaiki kerja ginjal. Dengan begitu orang yang suka makan kurma akan terhindar dari penyakit ginjal, jantung dan stroke. Tak kalah menariknya kurma juga mengandung antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas pengancam stabilitas sel-sel tubuh.

Kurma salah satu buah purba yang masih ada di dunia, bahkan usianya diperkirakan lebih dari ribuan tahun

Umumnya buah kurma mengandung zat-zat: gula (campuran glukosa, sukrosa dan fruktosa), protein, lemak, serat, vitamin A, B1, B2, B3, potasium, kalsium, besi, klorin,sulfur,

Tembaga, magnesium, fosfot dan beberapa enzim. Kurma juga mengandung karbohidrat yang tidak mudah habis, hampir sama dengan pisang atau apel.

Menjaga ketahanan tubuh dengan mengonsumsi kurma sumber gula alami

Fungsi serat menjaga ketahanan tubuh. Zat ini berguna melancarkan pencernaan dan menjaga keseimbangan lambung. Memakan kurma setelah makan siang atau malam dapat menjaga kestabilan asam lambung. Bahkan kurma disebut-sebut makanan yang paling baik ketika penyembuhan kanker.

Kurma kaya karbohidrat baik yang mengenyangkan

Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk karbohidrat (6,1 gram), serat, kalsium (54,3 mg), dan cukup zat besi. Satu atau dua butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat berpuasa.

Kurma cocok untuk buka puasa

Meskipun tinggi gula, kandungan gula dalam kurma dicerna secara perlahan dan bertahap, sehingga kadar gula darah tidak melonjak drastis setelah menikmati kurma. Orang yang makan kurma saat sahur akan menjadi segar dan tahan lapar, karena kurma juga kaya akan serat. Ketika berbuka disarankan untuk memulainya dengan mengonsumsi kurma sebanyak 3-7 butir. Selang satu jam kemudian barulah makan berat.

Pengobatan bangsa Mesir kuno yang menggunakan kurma

Heartburn ( rasa panas pada lambung)
- Kurma, madu dan air tebu dicampur dan dioleskan pada anus selama 4 hari.

Obat bersin
- Jus kurma dioleskan ke lubang hidung.

Khasiat kurma ajwah
- Kurma ajwah adalah obat mujarab dan makanan luar biasa.

- Kurma ajwah berasal dari surga dan mengandung anti racun.

Cegah stroke

Konsumsi kurma dapat menurunkan risiko serangan stroke dan penyakit jantung berkat tingginya kalium yang terkandungnya. Kalium bermanfaat mengatur denyut jantung, mengontrol kontraksi otot dan tekanan darah. Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) tidak cocok untuk mengonsumsi kurma, apalagi jika mengonsumsinya secara berlebih.

Buah kurma bisa disantap langsung dalam keadaan kering atau segar

Kurma dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan seperti aneka produk roti, permen, es krim, selada dan sirup. Zat besi dan kalsium merupakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Karena merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

Cukup lima butir kurma sehari

Para peneliti menyimpulkan, dengan makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) risiko fatal bisa diturunkan sampai 40%. Batas krisis 400 mg kalium itu mudah sekali dipenuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 gr saja, atau setara dengan lima butir kurma.

Kandungan gizi kurma kering

Selain kalium, kurma kering juga mengandung asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin-obat pereda rasa sakit dan demam yang sering dimanfaatkan untuk mencegah sakit kepala. Prostaglandin merupakan kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot polos, menurunkan tekanan darah.

Manfaat kurma

- Baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak.

- Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

- Meningkatkan kadar sel darah dan mencegah anemia.

- Sangat baik untuk nutrisi ibu hamil, menyusui, dan pada masa perencanaan kehamilan.

Obat sembelit
Kurma mengobati masalah pada pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Rendam kurma dalam air semalaman. Minum airnya pada pagi hari.

Meningkatkan stamina
Air seduhan kurma bisa mengatasi rasa lelah. Bagi manula minum kurma susu dan madu bisa menghilangkan racun yang bertahun-tahun menumpuk di dalam tubuh sehingga badan menjadi segar. Seduh kurma dengan air mendidih tambahkan susu dan madu aduk rata dan minum sebelum tidur.

Menjaga kesehatan mata
Kurma bermanfaat untuk kesehatan mata, memperkuat kemampuan penglihatan dan menambah kecantikan mata. Rajin mengonsumsi kurma membuat mata menjadi jernih dan indah serta mencegah rabun senja.

Pertumbuhan tulang
Kurma bermanfaat dalam pembentukan tulang pada anak dan menjaga kesehahatan tulang pada orang dewasa.

Obat batuk
Jus kurma dapat membantu menyembuhkan. Karena kandungan gula dalam buah kurma dapat menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan sekaligus menghentikan batuk.

Obat cacing
Kurma memiliki semacam zat racun yang mampu menghentikan pertumbuhan cacing dan parasit didalam perut. Makanlah kurma pagi hari saat perut kosong.

Meningkatkan kemampuan pendengaran
Kurma disarankan agar sering dikonsumsi oleh mereka yang punya masalah kurang pendengaran.



Obat diare
Buat semacam pasta dengan menyeduh beberapa buah kurma dengan air mendidih. Lumatkan dengan cara menekan-nekan kurma dengan sendok, tambahkan madu. Minum 3x sehari.

Demam, pilek, sakit tenggorokan, pusing
Seduh air kurma dengan air mendidih di dalam gelas. Setelah hangat air kurma diminum selama keluhan sakit terasa.

Insomnia
Minum jus kurma sebelum tidur.

Menetralisasi alkohol (mengobati mabuk)
Memarkan buah kurma seduh air mendidih, minum airnya hangat-hangat. Minuman ini akan menghilangkan racun dan pengaruh alkohol.

Mengobati bengkak pada kaki
Kurma ditumbuk tambahkan myrrh dan malam sehingga menjadi semacam pasta. Balurkan pada kaki yang bengkak.

Radang usus
9 kurma ajwah dibuang bijinya rendam air panas. Blender dengan 500 ml susu berkalsium tinggi. Minum segelas. Lakukan hingga sembuh.

Sakit perut/melancarkan buang air besar
Buah kurma diseduh air panas. Dihaluskan dan campur susu kambing atau susu lembu segar. Minum 2x sehari.

Baik untuk kesehatan wanita
Kurma matang mengandung substansi yang mendorong perengangan rahim dan meningkatkan kontraksi. Substansi tersebut mirip dengan oksitosin yang dikeluarkan secara alami oleh wanita dalam proses persalinan dan menyusui.



Selain bermanfaat dalam membantu persalinan, perempuan Arab percaya bahwa kurma dapat menghaluskan kulit. Itu sebabnya mereka rajin mengonsumsi kurma. Secara medis diketahui kandungan vitamin B6 dan protein yang terdapat di dalam kurma mampu mencegah dermatitis (infeksi kulit) dan membuat warna kulit menjadi segar dan tidak pucat.

Biji kurma sebagai obat antipenuaan

Hormon memiliki peran penting dalam penampilan kulit yang indah dan memegang peran dalam proses penuaan kulit. Biji kurma yang kaya akan fitohormon dan diketahui mengandung zat antipenuaan. Olesan biji kurma mengurangi permukaan wajah dari keriput sebesar 27,6%. Krim biji kurma juga mengurangi kedalaman keriput yang sudah ada sebesar 3,52%.

Kurma disebut sebagai coklat surga

Kurma bisa langsung dimakan, bisa juga dibuang bijinya dan diisi dengan almond, permen, jeruk atau krim keju. Kurma untuk masakan biasanya dicincang kasar dan dimanfaatkan untuk menambah rasa manis pada sereal, pudding, kue, cake, es krim, roti, permen dan berbagai hidangan penutup lainnya. Saat seorang sahabat mengeluh sakit kepada Rasulullah, beliau meletakkan tangannya di dada sahabat tersebut, dan berkata, “engkau menderita sakit jantung. Berobatlah kepada Al Haris Ibn Kaladah. Ia ahli mengobati. Gunakan 7 buah kurma Ajwah yang dihaluskan dengan bijinya untuk engkau makan.”

Kurma disebut sebanyak 26 kali di dalam kitab suci Al-Qur’an yang menunjukkan peran penting kurma

Kisah penciptaan kurma berdasarkan legenda Arab disebutkan bahwa setelah menciptakan manusia pertama, Nabi Adam as., Allah Swt., menggunakan sisa-sisa bahan yang digunakan membentuk Adam sebagai bahan untuk membuat pohon kurma. Bahkan seluruh tanaman kurma bermanfaat:

- Buahnya kaya nutrisi

- Pucuknya bisa dimakan, dikeringkan, dibuat menjadi tepung

- Nira atau getahnya bisa dibuat minuman

- Sabutnya bisa ditenun

- Bijinya bisa diolah menjadi pakan unta atau keledai

Kurma mengandung serat pencegah penyakit kanker

Konsumsi serat diet 20-35 gram/hari setara 5-6 butir kurma. Serat diet larutan akan menurunkan kadar kolestrol LDL darah. Serat diet tidak larut mempelancar pencernaan.

Kurma untuk mengobati anemia

Kurma cocok untuk penderita anemia karena vitamin B kompleks dalam kurma per 100 gram:

- Tiamin (0,090 mg)

- Riboflavin (0,100 mg)

- Niasin (2,200 mg)

- Vitamin B6 (0,780 mg)

- Asam pantotenat (0,192 mg)

Jenis kurma

Kurma nabi: kurma paling enak, mahal dan kesukaan Rasulullah adalah kurma ajwah (kurma Nabi).
Sekki: atas kuning dan bawah coklat empuk serta kenyal, manis sedang.
Barhi: warna coklat merah, manis sedang, tekstur lembut seperti durian, dan ada sedikit rasa caramel.
Kholas: warna coklat terang, cita rasa toffee caramel, tekstur empuk, manis sedang.
Khidri: warna marun gelap, lebih kering, kenyal, tidak terlalu manis.
Mactoumi: warna sedikit hitam kemerahan, permukaan agak keriput, kenyal, manis.
Sokari: kenyal, tapi ada juga jenis yang keras, sedikit kering dan mais.
Silaj: warna coklat kemerahan, lonjong, tekstur lembut, manis sedang.
Madjol: warna coklat, sangat manis, lembut dan kenyal.
Monief: warna coklat terang, manis sedang dan teksturnya lembut.
1.000 MANFAAT KURMA SEBAGAI KABAR BAIK BAGI

PENGGEMAR KURMA





Kurma memiliki kandungan kalori yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh memang cocok kalau dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma dalam keadaan kering mengandung kalori lebih dibanding yang segar.

Jus kurma popular dari mulut ke mulut

Sembuh dari DB berkat jus kurma. Bahkan dari pengalaman orang-orang terebut ada yang trombositnya Cuma 9 ribu, setelah minum jus kurma naik hingga 140 ribu. Tak heran bila kini berbagai produk kurma dalam bentuk sirup laris manis diborong orang.

Kurma khusus buat diabetes dan gangguan lambung atau maag

Kurma yang cocok untuk diabetes adalah jenis nagal. Kurma jenis ini agak sedikit lonjong daripada kurma biasa dan rasanya sedikit pahit. Harganya murah, bekisar Rp14 ribu per kg. bagi mereka yang mengalami gangguan lambung atau maag dapat memilih jenis fard. Warnanya hitam dan rasanya lebih pahit daripada nagal. Harganya lebih mahal yakni Rp20 ribu per kg.

Ramuan kurma menyembuhkan insomnia

Sediakan 5 buah kurma (buang bijinya) ditambah satu buah pisang, belender. Tambahkan 2-3 sendok makan madu aduk rata lalu diminum.

Ada pula kopi biji kurma

Kurma kelompok soft dates justru harus dipanen sedikit lebih dini padatingkat awal kematangan, ketika warnanya masih terang. Setelah itu kurma diperam pada suhu 27-350C bergantung pada jenisnya. Pemeraman ini menjadikan kurma lebih manis, sekaligus berkurang kadar airnya, sehingga bisa lebih awet. Di India biji kurma disangrai hingga hangus dan ditumbuk, lalu diminum sebagai “kopi biji kurma”.

Kurma mampu mengikat zat karsinogenik penyebab kanker

Kadar seratnya 2,1 gram persen, lebih tinggi dari serat dalam anggur, yang jumlahnya hanya 1,7 g persen. Sebagian besar yakni 70-80% kandungan karbohidrat dalam kurma berupa karbohidrat sederhana berbentuk glukosa dan fruktosa yang disebut gula. Jadi, meskipun kaya serat yang dapat menyerap kelebihan kadar gula darah, kurma kurang baik bagi pengidap kencing manis, karena kadar gulanya sangat tinggi.

Kurma membangkitkan hormone oksitosin

Manfaat oksitosin didalam kurma yakni membantu mempelancar persalinan, meningkatkan produksi air susu ibu dan meningkatkan kemampuan seksual baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Keutuhan organ

Fruktosa juga penting untuk kesehatan dan keutuhan organ reproduksi wanita. Terbukti fruktosa adalah salah satu zat terpenting yang diperlukan untuk dapat menjaga integritas serta melindungi jaringan lapis dalam vagina, terdapat kerusakan akibat trauma fisik saat terjadi hubungan seks. Kurma dapat memberikan suplai fruktosa yang sangat diperlukan bagi pria maupun manita.

Anti penyakit jantung

Senyawa flavonoid memiliki aktivitas farmakologis seperti anti peradangan, anti tumor, anti-HIV, antidiare, anti hepatotoksik, antifungal, antikerusakan lemak, antiulcergenic dan bersifat analgesik. polifenol yang terdapat dalam kurma berfungsi melindungi tubuh dari risiko terkena penyakit jantung.

Rasio natrium dan kalium kurma yang berdampak positif

Zat ini mampu menekan natrium (garam) berlebih yang biasa dialami penderita hipertensi. Penderita hipertensi harus banyak mengonsumsi kalium karena didalam tubuhnya banyak terdapat natrium. Untuk mencukupi kalium dalam sehari kita, cukup mengonsumsi kurma sebanyak 5 buah saja. Dengan makan sebanyak itu selain kebutuhan kalium terpenuhi juga dapat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula

Kurma mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain: kalium, salisilat, karbohidrat dan vitamin. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi di antara semua buah-buahan lainnya. Saat memilih kurma terutama yang kering, perhatikan penampilan luarnya. Pilih yang kulit luarnya mulus, daging buahnya masih lunak dan tidak terlalu banyak lapisan gulanya. Jangan memilih kurma yang kering, keras dan lapisan luarnya banyak Kristal gulanya. Kurma ini sudah lama atau belum masak pohon saat dipetik.



Kurma kering

Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Jenis kurma kering yaitu: madinah, dubai, Tunisia, California dan kurma Nabi (ajwah).

Kurma basah

Kurma rhutab adalah kurma setengah matang saat dipetik dari pohon. Untuk menjaga kualitas dan tingkat kematangan, sejak dipetik harus disimpan disimpan di freezer. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kehamilan. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.

Kurma juga mengandung serat untuk melancarkan pencernaan

Kurma juga tinggi serat, serat ini sangat membantu lancarnya proses pencernaan makanan dan meningkatkan zat-zat karsinogen penyebab kanker dalam tubuh. Dengan tekstur serat yang cukup alus, kurma aman untuk lambung yang sensitif atau penderita radang usus. Kurma tidak mengandung kolestrol.

Proses pematangan kurma

Kurma yang belum matang berwarna hijau, kemudian berwarna kuning ketika dalam proses pematangan dan menjadi merah kecoklatan setelah matang. Buah kurma melewati 5 tahap proses pematangan buah supaya matang sempurna:

Tamim: baru berumur 15 hari sampai sebulan. Buah belum bisa dimanfaatkan.
Dafiq: tahap buah berwarna hijau selama 2 1/2 bulan dan rasanya pahit.
‘Aifanunah: berlangsung selama 10-15 hari. Pada tahap ini buah kurma dalam proses menjadi manis.
Safuri: pada tahap ini buah menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah jatuh.
Umm Ra’s: tahap terakhir pematangan (atau ruthab), buah berubah warna menjadi cokelat.
Kurma bisa dipetik beberapa kali dalam musim panen karena buah tidak matang secara serempak, tetapi bergiliran. Pohon kurma harus selalu mendapat sinar matahari dan akarnya perlu mendapat air yang cukup. Tanah yang cocok menanam kurma adalah pasir, tanah lempung berpasir, tanah liat atau jenis tanah berat lainya.

Varietas kurma

Varietas kurma dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori:

- Kurma basah berdaging empuk, sangat lembap dan mengandung sedikit gula.

- Kurma agak kering berdaging kenyal, tidak terlalu berair, kandungan gula tinggi.

- Kurma kering berkadar gula tinggi, kelembapannya rendah, kering dan berdaging keras.

Kurma mengandung tannin

Secara tradisional kurma sering dimanfaatkan sebagai obat diare di kawasan Timur Tengah. Kandungan tannin yang tinggi pada kurma memiliki efek untuk mengerutkan usus dan dapat membersihkan usus sehingga mempercepat penyembuhan diare. Orang yang mengalami konstipasi alias sembelit disarankan mengonsumsi kurma karena kurma memiliki efek laksatif atau pencahar.

Kurma dapat meningkatkan hemoglobin dan trombosit

Konsumsi kurma sangat disarankan bagi penderita anemia dan demam berdarah. Anemia merupakan kondisi dimana jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dan sel darah merah berada dibawah normal. Makan kurma bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin karena kurma mengandung mineral besi dan vitamin B kompleks yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Penderita demam berdarah mengalami penurunan jumlah trombosit (keping darah). Konsumsi kurma bisa membantu mengembalikan kadar trombosit ke batas normal.

Kurma mengandung potuchsin yang memudahkan persalinan

Kandungan gula kurma akan menyediakan energi siap pakai untuk menjalani proses kehamilan. Kurma juga mengandung potuchsin, yaitu sejenis hormon yang menyerupai hormon voksitosin yang berperan membantu persalinan dengan cara menguatkan dan mengatur kontraksi otot rahim sehingga membantu pembesaran rahim pada saat proses melahirkan.

Buah kurma mencegah kanker pankreas

Kurma kaya aspirin alamiah yang tinggi. Buah-buahan yang dikeringkan termasuk kurma dikaitkan dengan menurunkan angka kasus kanker tertentu, terutama kanker pankreas.

Kandungan asam amino dalam kurma

7 kurma dapat memberikan lebih dari 350 energi. Jadi nilai gizi kurma hamir sempurna. Kurma adalah rezeki yang beruntun, datang terus menerus, tidak terputus sebagai rezeki dari Allah Swt., untuk manusia.

Redakan sakit kepala dengan kurma

Zat yang dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Mereka yang terkena sakit kepala juga dapat terobati dengan mengonsumsi buah kurma.

Kandungan lemak baik dalam kurma

Kehadiran lemak ini bermanfaat bagi penyerapan vitamin A, D, E, dan K, yang juga terdapat di dalam kurma.

Kurma untuk menjaga kesehatan mata

Vitamin A diperlihatkan untuk pemeliharaan epitel selaput lendir, ketajaman mata dan pencegahan terjadinya infeksi. Orang-orang gurun selalu mengonsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan.

Kurma menjaga kesehatan kulit, tulang dan gigi

Vitamin A dan niasin memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf. Kurma juga mengandung fosfor dan kalsium, yang mana fosfor bersama kalsium dipergunakan untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi.

Cermat memilih camilan kurma

Sebanyak 100 gram kurma mengandung 380 kalori. Bagi mereka yang sedang berdiet, mengurangi asupan kalori. Maka dianjurkan agar lebih baik berhati-hati memilih kurma untuk cemilan.

Hati-hati mengonsumsi kurma bagi yang rentan kandungan kurma dan penderita diabetes

Kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukanya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi.

Buah ara mengandung lemak baik dan rendah kalori

Buah kurma dan buah ara (dikenal juga sebagai fig atau buah tin) sangat baik untuk mencegah rasa malas atau mencegah pembengkakan usus. Bahkan untuk tekanan darah sempurna buah ara segar bahkan lebih baik dari pisang. Buah ara juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Diantaranya omega-3 dan omega-6. Buah ara juga rendah lemak, rendah natrium, rendah kalori, dan bebas kolestrol, sehingga cocok dikonsumsi yang ingin menjaga berat badan.

Kandungan gizi kurma + ara

10 buah kurma mengandung nutrisi: 47 mg kalsium, 50 mg fosfor, 2,4 mg zat besi, 1 mg natrium, 518 mg kalium, 40 IU vitamin A, 1,8 mg niasin dan sedikit vitamin C. sedangkan 1 buah ara yang besar mengandung 23 mg kalsium, 14 mg fosfor, 0,4 mg natrium, 126 mg kalium, 50 IU vitamin A, beberapa vitamin B kompleks dan 1 mg vitamin C.

Penyakit celiac

Penyakit ini disebut juga sariawan, jenis penyakit ini tingkatannya biasanya sama dengan sindrom malfungsi penyerapan (absorpsi). Kurma dan ara mengandung nutrisi unik yaitu protein, karbohidrat kompleks dan mineral yang dapat menghentikan respons abnormal gluten di dalam usus. Rempah kapulaga juga mempuyai manfaat yang sama yaitu membuat juice buah ara-kurma bermanfaat untuk pengobatan.

Insomnia

Sedikit juice kurma-ara mungkin mencegah penggunaan obat tidur pada penderita insomnia, jika Anda tidak mempunyai masalah dengan gula darah. Karena jus kurma-ara bisa diminum untuk mengatasi insomnia, daripada mengonsumsi obat tidur.

Batuk dan batuk rejan

Konsumsi buah ara dan kurma dapat menghilangkan batuk dan mencegah hilangnya suara. Zat gula dalam buah ini mampu menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan sekaligus menghentikan batuk. Kemungkinan gula yang ada di dalam buah dan jus buah ara juga dapat mengatisipasi atau menghentikan penyebab batuk rejan.

Buah ara berpotensi mengobati luka

Madu telah terbukti dapat mengobati dan mencegah luka agar tidak terjadi infeksi. Begitu juga dengan jus kurma-ara yang tinggi kandungan gulanya, sehingga dapat mengobati luka dengan cepat. Ini disebabkan karena kandungan enzim dalam kurma dan ara. Biasanya gula putih dapat digunakan untuk merawat luka yang terbuka di beberapa bagian, cara pengobatan ini berhasil dengan baik. Madu juga dapat mencegah luka agar tidak merembet menjadi gangren.

Cara pembuatan jus kurma-ara

Ambil sarinya kurma akan membuat jus lebih enak. Untuk buah ara caranya sama, tapi potong dulu tangkainya sebelum dibuat jus. Karena buah kurma dan ara rasanya sangat manis, maka harus hati-hati dalam mengonsumsi buah ini. Kenyataannya, jus ini rasanya lebih enak bila ditambah dengan wortel. Dan jangan sampai mengonsumsi lebih dari 11/2 cangkir jus buah kurma-ara setiap kali konsumsi.

Kurma untuk minuman

Jenis minuman kurma adalah:

- Sharbut adalah minuman kurma seperti anggur. Kurma direndam air dan difermentasi selama 3 sampai 15 hari.

- Nabid lebih beraroma tajam daripada sharbut karena diberi tambahan biji sorgum kering sebagai pengganti ragi.

- Baqaniah adalah bir kurma.biji sorgum kering dicampur kurma dan ditambahkan birsh (hanya ada di Sudan). Lalu diberi air dan didiamkan selama beberapa hari sampai menghasilkan minuman bir yang halal. Biasanya menjadi minuman untuk manula yang kondisi kesehatannya menurun.

Mulai sekarang coba variasikan kurma dalam masakan anda

Aneka jenis kurma dan olahanya kini mulai banyak tersedia. Mulai dari kurma murni sampai isi jeruk, almond, dibalut coklat, hingga aneka biscuit. Selain enak dikonsumsi sebagai buah meja, jus, kurma juga bisa diolah menjadi beragam masakan.

Boleh mengonsumsi kurma tapi tetap waspadai berat badan

Dalam 100 gram saja kandungan kalorinya mencapai 284. Karena lezat, manis dan menyegarkan, tanpa terasa kita bisa menyantap sepiring kurma (kira-kira 400 gram) dengan total kalori kurang lebih 1.200. Padahal kebutuhan kalori sehari, wanita hanya kira-kira 1.800 dan pria 2.000. artinya separuh lebih sudah didapat dari kurma.

sumber: http://bmgonline.wordpress.com/2012/02/09/khasiat-kurma-atasi-berbagai-penyakit/

No comments: