Pages

Tuesday, February 1, 2011

Rakyat mesir makin hampir mencapai kejayaan, mubarak hampir jatuh


http://i.okezone.com/content/2011/02/01/18/420418/BqrgcelFN7.jpgCAIRO – Posisi Presiden Mesir Husni Mubarak sendiri saat ini makin goyang setelah pihak militer mendukung pergolakan yang dilakukan rakyat. Militer sendiri bahkan tidak memperlihatkan perlawan terhadap ratusan ribu Rakyat Mesir yang saat ini turun ke jalan. 
Prajurit di Tahrir Square yang selama ini menjadi titik aksi protes rakyat, tampat terus berjaga-jaga. Mereka membuat barikade namun mereka sama sekali tidak mengganggu jalannya aksi protes, demikian dilansirReuters, Selasa (1/2/2011).
Tampak tank yang dicoret tulisan anti-Mubarak bersiaga, tetapi tidak menunjukan perlawanan terhadap aksi rakyat. Aksi protes kali ini juga dihiasi boneka replika Presiden Mubarak yang tampak digantung di beberapa lampu lalu lintas.
Memang aksi kali ini tampak lebih teratur karena sudah direncanakan sebelumnya. Para pengunjuk rasa sendiri berasal dari warga berbagai macam profesi mulai dari pengacara, mahasiswa beserta kalangan profesional dan buruh tampak memenuhi jalanan.
Tampak pria dan wanita saling berpegangan tangan selama aksi protes berlangsung. Aksi protes ini diperkirakan akan menjadi puncak aksi protes sebelumnya yang mendesak Presiden Husni Mubarak turun dari jabatan presiden yang sudah diembannya selama 30 tahun terakhir.
Protes yang diawali ketidaksenangan rakyat terhadap korupsi, tindakan opresif pemerintah serta krisi ekonomi ini, dimulai delapan hari lalu.
Meski Presiden Mubarak menunjuk Omar Suleiman sebagai wakil presiden, tetap saja rakyat teguh dengan tuntutan mereka, yakni turunnya Mubarak dari kursi Presiden Mesir.
(faj)

No comments: