Pages

Wednesday, September 15, 2010

55 Ribu U.Islam Moscow Menunaikan Solat Hari Raya Aidil Fitri


http://www.voa-islam.com/timthumb.php?src=/photos2/muslimRusiaSholat.jpg&h=235&w=355&zc=1
MOSKOW (voa-islam.com): 55.000 Muslim berkumpul di pusat Moskow di sekitar masjid Katedral untuk merayakan hari terbesar bagi umat Islam-Idul Fitri, di rusia Idul Fitri dikenal sebagai bayram Uraza.
Begitu banyak yang ingin bergabung dalam sholat di pagi hari itu, masjid pun tidak muat, hingga jamaah meluber ke sekitar jalan-jalan.
Khotbah Ied disampaikan oleh Mufti Rusia selama beberapa jam, suara khotib diperbolehkan dikeraskan dengan pengeras suara sehingga jamaah yang berada diluar dapat mendengar khotbah.
Dalam khotbahnya, pemimpin spiritual Muslim Rusia itu menyebutkan beberapa kesulitan yang dihadapi Muslim belakangan ini dalam dunia global, bentrokan di Kyrgyztan, banjir mematikan di Pakistan dan cuaca panas yang melanda Rusia beberapa waktu lalu.
Khotib mengatakan, bahwa asap yang melanda Rusia, didalam Al Qur’an dianggap sebagai hukuman Allah kepada manusia atas dosa-dosa mereka dan mengingatkan bahwa hawa panas dan kebakaran yang melanda Rusia itu berangsur turun pada hari-hari pertama bulan Agustus atau disaat bulan suci Ramadhan dimulai.
Idul Fitri atau bayram Uraza, seperti yang biasa disebut di Rusia, menandai berakhirnya puasa sebulan penuh, ketika selama 30 hari semua umat Islam tidak diperkenankan makan dan minum  selama matahari bersinar. (za/RT/com)

No comments: