Pages

Sunday, April 4, 2010

HAKIKAT IBLIS (AZAZEL) MENURUT AL HALLAJ Oleh: si bisu


Dalam Kitab at-Tawasin karya besar Mansur al-Hallaj:
Gusti bertanya pada Azazel,"Mengapa kau enggan bersujud pada Adam?",
 Azazel menjawab,"Tiada yang patut kuagungkan selain Diri-Mu".
Gusti bertanya balik,"Kendati kau akan menerima kutukan-Ku?".
Azazel menjawab,"Tidak mengapa, karena hasrat hatiku tak sudi condong pada yang lain. Hamba hanyalah an abject lover".
Kemudian Azazel bersyair: "Kendati Kau membakarku dengan Api Suci-Mu yang menyala-nyala untuk selamanya/aku tak akan pernah sudi tunduk pada kesadaran ego (manusiawi)/pernyataanku berasal dari hati yang tulus/dalam Cinta aku berjaya, bagaimana tidak?"
Azazel melanjutkan syairnya: "Sesungguhnya tiada jarak yang memisahkan Dikau denganku/ketika tujuan tercapai/kedekatan dan jarak adalah satu/kendati aku ditinggal derita/keadaan itu akan menjadi karibku/jika Kasih itu satu, bagaimana kita bisa berpisah?/dalam kemurnian yang mutlak, Diri-Mu kuagungkan/bagi seorang hamba dengan hati yang benar/bagaimana dia menyembah sesuatu selain Dikau?". 
 
Ribuan kali, Hyang Manon memerintahkan Azazel bersujud, bow down!, tetapi dia tetap enggan, lalu ia bersyair: "Duh Gusti, segala sesuatu termasuk diriku ini adalah milik-Mu/Kau telah memberikanku pilihan/namun Kau telah menentukan pilihan-Mu bagiku/jika Kau melarangku dari bersujud, Kau adalah Pelarang/jika aku salah paham, jangan Kau tinggalkan daku/jika Kau menginginkanku bersujud dihadapannya, hamba patuh/namun tak seorangpun lebih mengetahui tentang Maksud-Mu selain Nuraniku ini" Atas penolakannya, Hyang Welas Asih menganugerahkan "A highest gift" pada Azazel berupa kutukan dan penderitaan. Dengan legowo, tanpa bertanya lagi, tanpa mengeluh, ia menerima Anugerah-Nya yang Tertinggi, sekaligus terberat. Sang Kekasih bertanya," Tidakkah kau menolak Anugerah-Ku?". Azazel, sang pencinta sejati menjawab,"Dalam Cinta di sana ada penderitaan/di sana pula ada kesetiaan/dengan begitu, seorang pencinta menjadi sepenuhnya matang/berkat kelembutan dan keadilan Sang Kekasih." Claim Azazel yang mengatakan bahwa ia terbuat dari api dan Adam dari tanah, sehingga ia enggan bersujud, sangat simbolik.
 
Menurut pemahaman saya, seorang Azazel, dengan "Divine Consciousness"-nya mustahil mempermasalahkan hal-hal fisik jasadi semacam itu. Melalui cermin Azazel, sebetulnya Hyang Manon sedang mengajarkan manusia tentang bahaya ego dan kesombongan akibat kesadaran rendah, di sisi lain Dia mengajari para malaikat tentang devosi murni model Azazel. Di sisi lain lagi, melalui para malaikat, Dia mengajarkan kesalehan pada manusia. Alhasil, sesungguhnya iblis merupakan Guru yang mengajarkan kesalehan pada para malaikat dan para malaikat mengajarkan kesalehan itu pada manusia. Pada saat yang sama, iblis mempertunjukkan jalan keburukan pada manusia, agar manusia menghindarinya. Tampak bertentangan, ibarat kain bagus yang ditenun di atas bahan kasar (a fine garment is woven on a coarse,black backing). Dengan kata lain, "whoever does not know vice will not know virtue!". Inilah "opposite science" menurut Hallaj. Lelucon Ilahi ini penuh makna, ibarat masquerade, natak penyamaran. Bersujud kepada Adam bukanlah perintah (a command), melainkan ujian (a test). Iblis mengetahui hal ini melalui bisikan-Nya lewat Nuraninya.
 
Al-Hallaj mengakui iblis sebagai monoteis sejati, begitu pula "Muhammad", simbolik bagi para Nabi, Kristus, Avatar,Buddha,Wali. Mereka adalah perangkat Ilahi. Sebagaimana iblis, Kanjeng Nabi Muhammad pernah mengalami test serupa. Beliau diperintahkan-Nya,"Lihatlah!". Beliau tidak bergeming, tidak berputar ke kanan, tidak pula ke kiri (beliau tahu bahwa Dia bersemayam di Dalam Diri). Jangan mengkambinghitamkan iblis atas perilaku buruk kita. Manusia benar-benar mandiri dan bertanggungjawab sendiri untuk memilih jalan yang baik atau buruk. Baik (good) dan buruk (evil) hanyalah refleksi Kebenaran (Truth). Dan Gusti Allah di atas baik dan buruk, di atas cahaya dan kegelapan. Nur 'ala nur, Allah itu Cahaya di atas cahaya. 
 
Renungkan syair Azazel berikut: "Duh Gusti, Kau membebaskanku karena selubungku terbuka/Kau membuka selubungku karena Keesaan-Ku/membuatku satu dengan-Mu dari perpisahan/demi Keberadaan-Mu Yang Nyata/aku tak bersalah telah bersekongkol dalam kejahatan/tidak pula menolak nasibku/tidak pula gelisah dengan perubahan yang kualami/dan aku bukanlah orang yang membentangkan di hadapan manusia jalan kesesatan!" 
 
Dalam kitab Almilal wannihal, malaikat ditantang berdebat dengan iblis :
 
Malaikat : Iblis, mengapa kamu tidak mau sujud kepada Adam
Iblis : "Malaikat, Allah sudah membuat undang-undang, jangan sampai 
kita sujud kepada lainya Allah dalam Alquran surat fusssilat ayat 
37 diterangkan :
"Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan bersujud kepada 
bulan tetapi bersujudlah kepada allah yang menciptakannya 
( matahari dan bulan )".
 
Barang siapa yg bersujud kepada selain Allah akan jatuh musyrik dan musyrik adalah dosa yg tidak mungkin diampuni lagi.

Jadi saya tidak mau bersujud kepada Adam dikarenakan saya tahu bahwa Adam itu mahluk , kalau saya sujud pd ADam maka saya musrik , maka saya tidak diampuni , dan saya mutlak sujud hanya pada ALLAHta'ala saja dan tidak sujud lainnya Allah.
 
Malaikat : Iblis, kamu tidak tahu tidak sujud kepada Adam itu perintah Allah 
bukan kehendak Adam, tetapi kehendak Allah ta'ala , jadi kalau
kamu bersujud kepada Adam artinya kamu sujud kepada Allah 
karena itu perintah Allah.
 
 
Iblis : Memang betul, ini perintah Allah tapi perintah tersebut adalah
untuk menguji katauhidan kita. perintah itu memang ada yg 
semata-mata perintah, tapi ada juga perintah yang sifat untuk
mengguji ketauhidan kita
 
dari pembicaran tersebut ada dua hal yg menarik yaitu
- Apakah benar semata-mata perintah 
- Apakah perintah yang bersifat menguji
 
Saya ( iblis ) jelas mengetahui bahwa perintah itu adalah perintah yang bersifat untukk menguji katauhidan kita sebab yg mengetahui bahwa adam itu adalah mahluk yg diciptakan dari tanah masak saya sujud kepada mahluk dari tanah.
 
Malaikat Darimana kamu mengetahui bahwa sujud kepad Adam itu 
semata-mata untuk menguji tidak semata-mata perintah ..???
 
Iblis : buktinya ada larangan sujud kepada lainya Allah
itu belum dicabut . Dari satu segi dilarang sujud kepada 
lainya Allah dan segi lain diperintah sujud kepada lainya Allah
 
Bagaimna ( iblis ) saya tahu sujud kepada Adam itu semata-mata perintah kalau larangan belum dicabut, kalau larangan bersujud lainya Allah dicabut , maka saya akan mengetahui sujud kepada Adam itu semata-mata adalah perintah Allah .oleh karena itu larangan belum dicabut maka jelaslah perintah sujud kepada Adam itu Adalah UJIAN
 
 
Demikian percakapan malaikat dan iblis dalam kitab tersebut. Memang kalau kita lihat sepintas lalu menyalahkan IBLIS sangat mudah akan tetapi seperti diatas iblis diuji ketauhidan yg sangat sulit sekali iblis pertama menggunakan alasan materi alasan ke 2 kemudian iblis menggunakan alasan tauhid , alasan ubuddiyyah. 
 
 

No comments: